man head 2
Assalamu'alaikum wr wb. Segala puji syukur patutlah kita haturkan ke hadlirat Allah Subhanahu Wata’ala yang menguasai alam semesta ini atas limpahan rahmat dan barokah yang berlimpah, baca selanjutnya....
man head 2
Assalamu'alaikum wr wb.
Segala puji syukur patutlah kita haturkan ke hadlirat Allah Subhanahu Wata’ala yang menguasai alam semesta ini atas limpahan rahmat dan barokah yang berlimpah,

baca selanjutnya....
FKDT KECAMATAN RANCAH NGAHATURKEUN WILUJENG NGALAKSANAKEUN IBADAH SHAUM RAMADHAN 1432 H, PAMUGI PUASA URANG KALEBET ANU DITAMPI KU ALLAH SWT, AMIN YA ROBBAL'ALAMIN!

Jadwal Sholat

Mengatur Keuangan Selama Puasa

Cara Mengatur Keuangan Selama Ramadhan


Mengatur Keuangan ternyata memang susah susah gampang. Dengan tingkat penghasilan yang berbeda-beda dan kebutuhan yang begitu bermacam-macam membuat urusan mengatur keuangan menjadi hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun bila dibiasakan, hal ini akan menjadi sesuatu yang mudah dan biasa. Terutama Selama bulan Ramadhan seharusnya bisa menjadi lebih mudah.

Selama Ramadhan jika dihitung normal maka seharusnya pengeluaran juga sedikit. Mengapa? apakah hanya karena kita tidak makan pada siang hari? ternyata tidak. Sebuah nafsu dan balas dendam terkadang melebihi apa yang kita bayangkan. Apakah anda merasakannya? Bila iya normal dong. Saya juga terkadang merasakannya.

Bila pada awalnya kita sudah bisa menyiasati kenaikan harga barang dan bahan pokok menjelang Bulan Ramadhan, bila benar maka akan ada uang berlebih dan kita akan bisa menabung. Kenyataan berkata lain. Dengan berpuasa seakan-akan kebutuhan kita begitu banyak. Membeli bahan makanan yang segar menjadi berlebihan. Membeli makanan berbuka begitu banyak karena ingin mencoba ini-itu dan sebagainya, padahal ketika berbuka kita hanya sanggup makan dua potong kue. Menjadi tafjir akhirnya. Bagaimana cara menghindarinya atau paling tidak meminimalkan hal ini. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa dipertimbangkan:

1. Menggunakan Porsi dan Prioritas Anggaran
Gunakan Porsi yang tepat untuk pos-pos anggaran anda saat anda menerima penghasilan. Baik itu sebelum Bulan Ramadhan atau penghasilan yang diterima pada saat Bulan Ramadhan. Pos yang di berikan oleh Dr.H.Muhammad Syafii Antonio, seorang pakar ekonomi syariah bisa anda terapkan. Berikut pos yang dibuat dalam diagram:

diagram pos anggaran keuanganTelah terlihat secara umum diagram A adalah hal umum yang dilakukan masyarakat jika menerima penghasilan. Pastinya porsi konsumsi lebih besar, kemudian hutang bila ada, Barulah menabung kemudian disusul dengan investasi. Dan yang terakhir adalah zakat atau sedekah (Itupun bila kita ingat).

Maka mulai sekarang cobalah ubah pos-pos prioritas anda dengan menggunakan diagram B. Dengan diagram B maka anda akan mulai dengan Prioritas utama adalah menabung, dengan demikian insya Allah anda akan bisa menabung. Kemudian Bayarlah hutang anda bila ada. Barulah anda akan mendapat nilai bersih yang harus anda zakatkan. Bila sudah dizakatkan bolehlah anda memikirkan untuk investasi dan konsumsi. Insya Allah bisa ya....

2. Konsumsi sesuai Porsi dan Prioritas.
Bila pos konsumsi sudah di porsi sesuai Prioritas, maka anda harus menyesuaikan dengan porsi dan prioritasnya. Misalkan membeli makan untuk berbuka, bila kenyang dengan dua potong kua maka belilah dengan dua potong kue saja. Makan malam cukup sepiring saja, maka makanlah dengan sepiring saja. Dengan memasak secara minimal maka anda juga bisa diharapkan untuk menghemat pemakaian bahan bakar untuk memasak. Misalkan menghemat pemakaian Gas Elpiji bagi yang memakai gas elpiji.

3. THR - Tunjangan Hari Raya
Tunjangan hari raya (THR) terlihat seperti uang berlebih. Biasanya diterima menjelang hari raya. Maka untuk mengaturnya anda harus kembali kepada cara nomor 1. untuk penggunakan Porsi dan prioritas anggaran. Jangan pernah menganggap THR adalah uang berlebih, tetapi THR adalah dana untuk bisa sedekah dan berinvestasi. Maka kita harus mengatur thr agar lebih efisien.

4. Pos Anggaran yang Tidak Penting.
Untuk lebih meningkatkan dana, hilangkan pos-pos anggaran biaya yang tidak perlu. Bila bisa menggunakan TV tanpa berbayar gunakanlah yang gratis saja. Bagi perokok, mulailah berhenti merokok. Selain untuk kesehatan juga bisa meminimalkan biaya untuk berobat ke rumah sakit.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat. Bila ada tips lain boleh juga ditambahkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Diposting oleh Sekum FKDT on 20.19. terhimpun dalam kategori . Silahkan mengikuti respons yang masuk terkait tulisan ini melalui RSS 2.0

0 komentar for Mengatur Keuangan Selama Puasa

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery

BERITA DALAM GAMBAR
FKDT Rancah :: Website Resmi KKDT Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis

Modification by Abu Rasyidah And Zen -->